Tips Menghemat Anggaran Resepsi

Bagaimana caranya menghemat anggaran biaya resepsi pernikahan? Ketika kemampuan finansial tidak mencukupi, haruskah sebuah resepsi pernikahan dipaksakan meski akan menimbulkan utang puluhan bahkan ratusan juta?

Sebenarnya sakral dan khidmat bisa saja datang meskipun dari kesederhanaan. Resepsi hanya bertujuan untuk memberi kabar gembira kepada kerabat dan tetangga. Sakral juga bisa hanya sekadar berbagi kebahagiaan dan makan bersama kerabat dan tetangga. Lebih intim dan lebih terasa kekeluargaannya daripada ribuan orang yang datang tapi sebagian besarnya justru tak kita kenal.

Kalau keuangan keluarga lebih dari cukup nggak masalah, tapi bagaimana dengan keluarga sederhana yang terlalu memaksakan diri hanya agar tidak malu sama orang lain?

Buat Anda yang berniat menggelar resepsi, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menekan anggaran biaya;
  • Prioritaskan undangan. Tuliskan daftar lingkaran teman dan kerabat terdekat yang paling akrab. Setelah itu, coret mulai dari yang terjauh hingga akhirnya tersisa yang benar-benar tidak bisa dicoret lagi.
  • Akad dan resepsi jangan dipisahkan dengan hari berbeda karena akan membuat biaya membengkak. Akad nikah hari Minggu pagi dan langsung syukuran, akan jauh lebih hemat daripada akad nikah hari Jumat dan syukuran pada hari Minggunya.
  • Musik. Grup Nasyid bisa jadi pilihan atau dengan memutar lagu berirama lembut dari DVD player. Jauh lebih hemat dibandingkan menyewa sebuah grup band.
  • Undangan nikah juga nggak harus mewah. Tujuannya, kan hanya untuk memberitahu tanggal. Bayangkan, Harga undangan Rp10.000/lembar diganti dengan yang Rp2.500 /lembar, langsung menghemat sampai 75% anggaran biaya undangan.
  •   Souvenir nikah juga jadi salah satu faktor membengkaknya anggaran pernikahan. Bukankah souvenir tidak begitu penting? Pikirkan lagi, sudah berapa souvenir pernikahan orang yang Anda koleksi sekarang? Kalau tidak ada, begitu juga orang lain menerima souvenir nikah Anda. Segera berakhir di tempat sampah atau hilang entah ke mana.
  •   Baju nikah kalau lebih murah disewa, lebih baik sewa saja. Toh cuma dipakai satu kali saja, habis itu disimpan.
Sumber : tweetnikah.com

1 komentar

HAHA TIPSNYA bagus,, INFO AJA NIH, ADA LHO AMPLOP YG COCOK BANGET UNTUK SALAM TEMPEL DI PERNIKAHAN. SILAHKAN CEK DI https://www.facebook.com/media/set/?set=a.697157173645552.1073741836.634416543252949&type=1 ATAU http://www.montespro.com/2013/09/amplop-pernikahan-sunatan.html

Write Down Your Responses