Gitar Indonesia Menjadi Gitar Terbaik Sedunia

Satu lagi kebanggaan Indonesia yang mampu bersaing di pasar internasional. Salah satu produk berkategori UMKM bidang alat musik gitar di Indonesia rupanya sudah diakui oleh dunia musik maupun industri pembuat gitar.

Gitar produksi Indonesia bermerk Rick Hanes menjadi gitar terbaik sedunia versi Guitar Planet, sebuah situs gitar yang berbasis di Inggris. Guitar Rick Hanes sendiri diberitakan Seputar Indonesia telah mengalahkan pesaingnya seperti merk Fender dan Gibson yang sudah lebih dulu mendunia.

Tahun 2012, situs berita Guitar Planet merilis sebanyak 362 gitar elektrik. Di situs tersebut mencantumkan gitar Rick Hanes yang mengungguli gitar-gitar merek internasional lainnya seperti Esoterik ESO-C, Alumisonic 1100-Deluxe, Caparison Horus M3, dan PRS Mark Tremonti.

Prestasi yang tentu sangat membanggakan pecinta gitar Indonesia. Gitar ini diproduksi di kawasan Tambak Sawah Sidoarjo Jatim tersebut adalah murni buatan tangan masyarakat lokal di Indonesia khususnya Jatim.

Selain mendapatkan predikat gitar terbaik dunia, Rick Hanes juga sudah mulai digunakan musisi luar negeri. Gitar ini sementara dibandrol dengan harga sekitar Rp7 juta hingga Rp15 juta.

Material gitar ini menggunakan kayu maple dengan proses pengeringan, pemadatan dan pengepresan yang kemudian dirakit menjadi gitar elektrik. Mengenai ketahanan jangan ditanya. Gitar ini dites dengan dibanting dan diinjak neck-nya oleh ukuran tubuh orang dewasa, namun tak ada kerusakan berarti.

Alat musik petik buatan anak bangsa ini baru sekitar delapan bulan beroperasi dan langsung diterima dengan terbuka oleh pasar industri musik Amerika Serikat (AS). Bahkan, belakangan Rick Harnes sukses menyabet tiga peringkat dengan memperoleh gelar Guitar of The Years 2012.

0 komentar

Write Down Your Responses