Sekilas tentang kamera DSLR

Oleh. Mas Iko

Sebelum memulai belajar fotografi (red : motret), pertama-tama yang harus kita pelajari adalah kamera apa yang akan kita pergunakan. Apakah kamera film, kamera saku digital, atau kamera DSLR.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi yang akan kita ulas di sini adalah kamera DSLR (Digital Single Lens Reflection).

Kamera DSLR memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan jenis-jenis kamera yang lainnya. Apa saja itu ?

Kualitas gambar
Karena sensor DSLR lebih besar, kualitas tangkapan nya cenderung lebih bagus dibanding dengan kamera kompak.

Fleksibel
DSLR bisa dengan mudah berganti lensa sesuai kebutuhan.

Kecepatan
DSLR lebih cepat dalam soal kecepatan rana (kecepatan menagkap gambar), start up, dan juga shutter lag (jeda antara waktu menekan tombol bidik hingga gambar tersimpan).

View finder optis
Dengan viewfinder optis, apa yang terlihat di jendela bidik akan sesuai dengan hasil yang ter-rekam.

Jangkauan ISO lebih lebar
Setting ISO (tingkat kepekaan sensor pada cahaya) memiliki jangkauan lebih luas, sehingga lebih fleksibel memotret di segala kondisi bahkan di tempat yang minim cahaya sekalipun.

Kontrol manual
Meski pada beberapa kamera kompak telah dilengkapi setelan manual untuk memotret, namun jumlah dan fleksibilitasnya lebih beragam di DSLR.

Nilai lebih
Kamera DSLR dipandang memiliki nilai leibih dari pada kamera kompak. Karenanya faktor “kadaluarsa” nya lebih panjang. Investasi pada lensa tidak akan basi karena bisa terus dipakai.

Ruang ketajaman
Sering disebut depth of field. Dengan DSLR, ruang ketajaman obyek foto bisa diatur dengan leluasa. Dengan fitur ini sobat bisa membuat foto dengan objek yang tajam dan latar belakang buram.

Kualitas optik
Kualitas lensa DSLR tentu saja lebih bagus dengan kamera saku. Selain itu, pilihan kualitasnya beragam, tergantung isi saku sobat.

Namun begitu, kamera DSLR pun memiliki beberapa kekurangan. Beberapa diantaranya yaitu :

Harga relatif lebih mahal
Kamera DSLR memang lebih mahal dari pada kamera saku. Namun sekarang sudah ada kamera DSLR kelas entry level yang harga nya lebih terjangkau.

Ukuran lebih besar dan lebih berat
Ukuran dimensi nya tentu saja lebih besar dibandingkan kamera kompak. Mengambil nya dari tas membutuhkan waktu beberapa saat.

Butuh perawatan ekstra
Kamera ini cenderung butuh perawatan ekstra. Ketika sobat mengganti-ganti lensa, ada kemungkinan debu dan kototran masuk ke sensor, sehingga sobat harus rajin membersihkan nya agar kamera tidak cepat rusak.

Kompleks
Pengelolaan dan pengesettan kamera DSLR memang lebih komplek, karena dirancang untuk pemotretan manual. Namun kini banyak kamera DSLR baru yang menyertakan fasilitas tambahanuntuk pengelolaan yang mudah dan otomatis di dalam nya.

Membidik dari view finder
Kebanyakan kamera DSLR tidak menyediakan fasilitas LCD untuk membidik obyek, seperti pada kamera saku. Namun beberapa kini, sudah menyediakan fasilitas ini lewat feature Live View.

Sebagai seorang calon fotografer kita wajib mengenal alat yang kita gunakan nanti yaitu kamera. Artikel diatas semoga cukup memberikan gambaran umum mengapa kita menggunakan kamera DSLR.

0 komentar

Write Down Your Responses